Arsip Blog

Senin, 01 September 2014

Mencari jalan kebenaran


17 September 2013 11:51
Assalamu'alaikum, lupa bilang salam kenal ya? enak lewat pesan aja lebih mudah.
yayaya...kamu benar aku suka sharing soal tauhid...masya Alloh..Rahmad begitu besar di berikan pada sahabat.......bagi ilmunya...dong
sampai rasa senang itu ku juga lupa mejawab salam...waalaikum salam
gpp, Insya Allah saling berbagi ilmu, sama2 lagi belajar. saya berada di jalan ini juga dulu pernah nyasar, dan akhirnya bertemu sebuah komunitas yg sejalan dengan pemahamanku terhadap agama. belajar juga perlu banyak referensi dan guru.
masya Alloh...kamu benar...aku juga pernah nyasar..... kenapa aku bilang..Rahmad di berikan pada sahabat tadi.....coba ingati lagi...sesaat sebulum masuk waktu dhuhur tadi...pasti..sahabat ada....gerakan di hati...atau apalah..yg membuat sahabat......terkejut sebentar.....itu...terasa juga....(itulah..yg aku maksudkan Rahmad yang sangat besar....sekiranya sahabat.....peka....terhadap....nur hidayah Robb....(ini untuk cross cek...saja)....
oh begitu ya. maaf sampai disini dulu ya, ini ponakan ngajak gantian komputernya. lainkali disambung lagi.
yaaaa...makasih sharingnya... ..yayaya...kita tahu akidah itu benar setelah kita pernah masuk ke ajaran yang sesat......jadi dengan tahu sesat itu...kemudian...kita menghentikan, kemudian...mencari dan memperbaiki...ke arah yang benar. Jadi disinilah..indahnya dan nikmatnya tauhid itu. Jadi ternyata sumber tauhid itu....berasal dari Robb, (dan kita tahu itu sumber dari Robb....setelah kita...mengerjaakan sesuatu dengan berterusan...>.bahasa....al quran adalah istiqomah. Apapun kegiatan itu kalau di jadikan istiqomah ....pasti akan menemukan sesuatu..yang di cari. Termasuk juga dalam belajar tauhid. Untuk masuk dunia tauhid.....maka...harus ada pondasi yang kuat di dada manusia....serta pikiran yang mendukung....untuk bersikap istiqomah. Nah disinilah..pasti nanti ada sesuatu yang ditemukan pada diri sendiri. Artinya....kita perang dengan nafsu yang ada pada diri sendiri. Dan sampai pada tahap ini...untuk cross...cek.....bahwa...kita di amanahi oleh Robb...dengan nafsu...dan nafsu itu....tugas...kita untuk..mengajak...nafsu kita sendiri...ke arah kebaikan.
17 September 2013 20:42
sesulit apapun ya mau tidak mau harus melawan nafsu diri, jihad paling besar dan paling berat, musuhnya gak kelihatan.
17 September 2013 21:50
kamu benar nafsu tidak kelihatan....tapi ternyata nafsu itu masuknya lewat pikiran manusia...
18 September 2013 12:25
jadi sebenarnya nafsu lebih dapat dirasakan...benar memang tidak dapat dilihat...tapi di rasa oleh pikiran......(akal)
sepaham, tapi tetap di arahkan utk kebaikan. tanpa nafsu manusia juga tidak bisa hidup, krn makan dan minum juga pakai nafsu tapi harus diatur dan dikendalikan sesuai dengan fitrah sebagai manusia.
ayaya...kamu benar...yayaya..kamu dulu...ikut aliran apa..kok pernah nyasar itu
gak pernah ikut aliran apa2, cuma percaya ajaran si ustadz seleb ma para motivator2.
menurut kamu yg tersesat yg mana
19 September 2013 21:03
gak berani aku bilang tersesat, mungkin blm pas ajarannya atau gak cocok dengan pemahamanku dlm beragama. Kesannya berdalih agama tapi ujung2nya hnya dunia itupun ke materi juga ujung2nya. mereka para ustadz berbicara hanya fokus pada materi,membawa2 nama islam dan Allah padahla demi kepentingan mereka dan teman2nya. itu saja yg aku pahami. hidupku jadi tdk tenang jadinya dunia yg tujuan utama bukan akherat. sederhananya begitu.
19 September 2013 22:29
===yayaya kamu..sangat bagus pemahamannya....sangat jarang punya prinsip begitu......kamu benar
biasa mas, memang pemahaman saya sebatas itu, serba terbatas. masih banyak kok teman2 saya lebih dari saya. saya juga belajar dari mereka. ngomong2 ulama mana yg jadi panutan mas didik?
aku langsung pada Robb saja
paham maksud aku
menurut mas gitu ya, tingkatannya dah tinggi ini, klo saya masih butuh guru panutan mas, sekedar buat "nyiduk ilmu" krn ilmu saya msh kurang. boleh saja mas gitu, tapi kesannya gimana ya? guru juga bukan berarti orang yg lebih pintar dari kita, bisa jadi tukang bakso, bisa juga semut sekalipun jadi guru, alam semesta ini guru kita mas, tentu Allah kan yg menciptakan. setiap ciptaan Allah tidak sia2, semua ada manfaat, harmonisasi alam semesta.
maaf blm paham.
begini....jadi...kita langsung mendapat petunjuk dari Robb secara langsung...jadi gurunya yyaaa..langsung Robb...kita pasti tidak tersesat..kalu guru kita langsung pada yg menciptakan kita..begitu..mau bukti...?'
maaf blm ngerti, mungkin pemahaman kita beda ya soal ini. gini saja deh guru menurut mas apa sih? buat saya terlalu tinggi itu, saya orangnya biasa2 saja, banyak dosa, belum pantas langsung berguru pada Allah. banyak khilaf, banyak kurangnya mas, belum PD saya.
guru..adalah....kalau kita salah kita langsung ditegur....saat itu juga. dan guru itu ada di hati kita sendiri...dan hati kita sumbernya dari Robb....begitu
benar kan beda pemahaman, yg namanya guru kan diambil dari bahasa jawa guru berarti digugu lan ditiru.Menurut saya hanya nabi Adam yg langsung berguru pada Allah, sedangkan nabi2 lain itu melalui perantara malaikat jibril. krn sekarang sudah tidak ada nabi lagi jadi ulamalah panutannya.
dah dulu bsk disambung mau tidur dulu
yayayaya....makasih sharingnya..amiin
20 September 2013 18:14
beragama itu sebenarnya sederhana, yg membuat rumit itu manusianya.Asal kita berbuat sesuai dengan kodrat kita sebagai manusia, ya itulah agama, itulah islam. jika boleh diibaratkan kitab suci qur'an itu adl buku petunjuk jadi manusia yg sesungguhnya (akhsani taqwim), otomatis yg asli hy satu sama halnya mobil pasti ada manual booknya dr pabrikannya tentu saja. klo qur'an dari yg menciptakan yaitu Allah swt. klo menurutku agama itu tidak perlu diperdebatkan krn sudah jelas, untukmu agamamu untukku agamaku, mau pilih yg mana juga tanggung jawab masing2.
20 September 2013 23:16
benar beragama itu memang mudah seperti kata sahabat..>>>. islam mendengar , taat, ...dan laksanakan.....dasar alquran..dan sunnah....(siap)...
yaaya..sahabat benar...tinggal kita menunggu hasil kelulusan.....
24 September 2013 11:08
Maaf ya, ini menurut penilaian saya, tapi sebenarnya saya jg blm berhak menilai anda. sekedar kritik saja, mohon kalau salah di benarkan, sekali lagi maaf anda menurut saya berlebihan dlm beragama, banyak dari cerita dlm qur'an sesuatu yg berlebihan maka akan tidak baik. contah kisah tentang ahli ibadah dan ahli maksiat, yg akhirnya surga itu didapatkan oleh yg ahli maksiat. kisah tentang seorang pelacur, yg akhirnya ke surga gara2 memberi minum anjing. kisah pembunuh yg membunuh 1000 orang, akhirnya ke surga gara2 diakhir hidupnya bertobat walau tlah wafat menempuh perjalanannya. Saran saya mulailah yg sederhana dulu, baik sama tetangga, hilangkan permusuhan, lebur benci, iri, dan dengki dengan maaf. imbangi ibadah ritual/mahdloh dengan ibadah muamalah.
subhanalloh...sahabat benar...langsung cek ke pikiran sahabat......untuk cek ...saja.....ROBB....ROBB...ROBB........langsung cek di getaran hati.....saja...
Maaf mas saya msh awam klo soal cek mengecek. ilmu saya baru setingkat tataran kemanusiaan. jadi malu sama mas yg sudah level tinggi. klo soal itu saya sepenuhnya serahkan pada Allah itu saja. saya baru belajar mas jadi manusia, jadi manusia saja saya blm tentu lulus kok, apalagi jadi muslim/orang islam, susahnya minta ampun.
jadi sahabat semua...inti...dari up dae status cara gila di atas...bagaimana...cara kita berbuat ikhlas....sekarang gantian saya yang bertanya....ajarin saya bagaimana cara melakukan suatu kegiatan...yang ikhlas...saja........karena ini...ini..ini...yg jadi kunci.....
banyak ulama, ustadz, kyai menjabarkan arti ikhlas, tapi ikhlas yg sebenarnya yg tahu artinya hanya Allah. pernh sya baca hadits maaf lupa bagian mana tp hy ingat pas kalimat biarlah ikhlas itu hak Allah atas hambaNya. kalau saya ikhlasi itu juga gak mengharapkan apa2, tidak cinta, tidak pahala, tidak apapun, tanpa pamrih. spt ibu mencintai anaknya, adakah si ibu bermaksud cintanya dibalas. padahal cinta Allah lebih tinggi tingkatnya dari ibu. anda pikirkan ulang.
subhanalloh...sahabat benar..itulah makna ikhlas...tanpa mengarap apa apa dari Robb....kecuali.....
saya lebih sederhana saja melakukan sesuatu krn memang saya harus melakukannya, bukan krn disuruh atau apapun, krn saya manusia dan saya wajib berlaku sebagaimana manusia sesungguhnya.
Masya Alloh...itulah....ikhlas itu......dan sahabat benar..itu...
inilah definisi ikhlas itu.......>> maaf ini...hasil....copyan dari sahabat..... melakukan sesuatu krn memang manusia harus melakukannya, bukan krn disuruh atau apapun, krn manusia wajib berlaku sebagaimana manusia sesungguhnya....
Mas mestinya juga harus tahu kenapa islam diterima dengan mudah di Indonesia, krn ajaran islam sesuai dgn ajaran yg dianut nenek moyang kita namanya agama kapitayan (menyembah satu Tuhan), Islam sebagai pelengkap, menunjukkan tata cara bersyukur/sholat. maka tidak heran bangsa Indonesia itu kuat walau digempur, dihancur2kan sama pihak LN tapi tetap bisa Eksis. krn jiwa mereka sudah setingkat nabi. maksudnya Bangsa Indonesia sudah tidak berpikir linier tp siklikal, bukan tataran materi lagi tapi sudah menjangkau alam ketuhanan. Mereka tidak perlu diajari halal haram, mereka sudah tahu yg mereka perlukan hanya kedamaian dan keadilan.
Masya Alloh sahabat benar......itu menjadi pedoman....karena...qolbu kalau sudah membuka...(insya Alloh...)...akan mendapat Hidayah sendiri.......kunci dari manusia hidup adalah perang dulu pada hawa nafsu sendiri..ini....yang..perlu...(secara perlahan saja)....kalau langsung...tidak dapat,,,,
karena hidup adalah proses bukan hasil. jadi malu tulisanku di posting, itu jg bukan murni pendapatku, itu aku dapat dari Guru sunyi(seorang sufi).
sahabat benar itu......>> manusia kalau sudah keluar dari nafsunya...dan kemudian masuk lagi...maka itulah jawaban sahabat itu....itu benar(.....)...ini...sudah masuk ke tauhid tingkat tinggi. Artinya alquran itu sudah ada pada dada manusia...tinggal manusia sendiri ...yg berusaha......
kamu benar...dan aku sudah tahu,,,bahwa..apa yg...barusan sahabat ketik tadi...adalah hasil...dari Qolbu...(artinya itu jujur)....begitu sahabat.....
saya gak PD klo dibilang tauhid tingkat tinggi, biasa saja dan sederhana. mungkin krn orang2 saat ini telah banyak kehilangan kemanusiaannya, mereka lebih cenderung ke materi, Allah diabaikan.sesembahan mereka uang dan kekuasaan.sudah sya tulis kan sebelumnya saya hanya melakukan yg seharusnya saya lakukan, hal sederhana tapi sudah ditinggalkan banyak orang di jaman ini.
untuk hasil manusia...sama sekali tidak tahu...karena hasil...ada di hari pembalasan....(hari pembangkitan manusia)........di kuburanpun bukan hasil...itu sahabatku......(masih massa menunggu.....
aku hanya berusaha melakukan sesuatu sesuai dengan tempatnya, guru sunyi bilang semua yg ada di dunia ini baik bila sesuai tempatnya.krn keburukan adalah kebaikan yg tidak pada tempatnya.
sahabat benar.....uang, materi.dan kekuasaan..ini yang sebenarnya menutupi (qolbu)......hati tertutup...dan tidak akan terbuka jika manusia sendiri tidak....sadar......dan untuk sadar...manusia...sangat sulit...kalau tidak mendapat hidayahNya. Contoh...manusia banyak harta berlimpah.......(tidak....ingat Robb)..maka....dihabiskanNya dahulu harta itu...baru manusia sadar...ini contoh saja...
sahabat benar....dunia...akan baik...jika di tempatkan pada tempatnya..artinya ...jalan menuju.....ke....jalan yang benar.....dan keburukan.../kesalahan..adalah proses..untuk menuju kebaikan......(ADA...BURUK...MAKA ADA BAIK.....)....jika baik semua.....jelas tidak ada neraka....Maka..ujian...ada di dunia ini...disinilah peran Buah Qoldi...sebab sebab...di turunkanNya...Nabi Adam....(karena manusia hidup...ada ujian)....jika sudah meninggal dunia..maka ujian itu sudah selesai.....ingat disinipun.....bukan hasil....(jadi,,,di alam barzah bukan hasil.....)....di alam barzah..hanya seleksi...saja...tentang ...pertanyaan.....Benarkah alquran ...sebagai pedoman...Dan Nabi Muhammad...sebagai nabi kita.....(dan serentetan pertanyaan yang sahabat sudah belajar itu.....untuk menunggu hasil...berarti dunia kiamat dahulu......inipun masih menunggu..hasil yang sangat lama untuk ukuran manusia......kita masih di biarkan dahulu.......sampai.....Nabi...kita sendiri...yang memberi syafaat...nah..disinilah..hasil yang tidak pernah di ketahui.....kecuali Robb saja..... dan coba tanya pada guru sufi sahabat...bahwa...di kubur ...pasti bukan hasil.......
1 Oktober 2013 23:05
Malam
malam juga.
Malam
gimana kabarnya ini?
Baik kalo sahbt
alhamdulillah baik. blm tidur. seringnya tidur jam berapa?
Bentar lgi
aku juga mau tidur ini. maaf ya.
Yaya silahkan
17 Oktober 2013 11:49
klo lihat kornologiku pasti tahu siapa 'guru sunyi' itu, beliau adl Muhammad Ainun Nadjib atau akrab di panggil Cak Nun (CN). tp CN gak pernah mau disebut guru atau istilah apapun yg mengagungkan CN. CN menganggap semua orang itu sama. sama2 belajar ilmu, siapa yg lebih unggul di bidang tertentu slg tukar ilmu tsb. krn tiap2 orang itu kan py kelemahan dan kelebihan sbg muslim kita harus slg mengisi kekurangan tsb. Yang aku bikin salut dan hormat pada CN itu blg gini "Anda itu gak usah percaya Muhammad Ainun Nadjib, ustadz seleb, kyai manapun, tp percayalah pada kebenaran dirimu sendiri."
aku hanya ingin untuk para sahabat.......bukan untuk diriku sendiri...wahai sahabatku.....jadi....bagaimana..cara menerangkan kepada sahabat facebook yang lain.
ini benar.........tapi mengapa disebut sebagai guru sunyi...sedangkan beliau kan masih hidup....(Cak Nun)...
Biarlah mereka berproses mencari kebenaran itu sendiri, tidak perlu banyak nuntun, klo mereka penasaran kan bisa lihat kronologiku. Agar yg baca statusku lebih kritis dengan mencari referensi sendiri, soalnya sosok CN bagi orang yg mengenalnya jg sudah pada tahu klo Beliau adl guru sunyi dengan diterbitkannya buku "Jalan Sunyi Emha Ainun Nadjib" dan msh ada lagi buku yg lain.
apakah beliau masih hidup......(cak nun)
17 Oktober 2013 13:36
inti..pelajaran kan ini....... Tentang Roh Orang Mukmin dan Roh Orang Kafir ==================================== ( 458 ) Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a.: Apabila roh orang Mukmin sudah berpisah dengan badannya, disambutlah oleh dua malaikat yang membawanya naik - Hammad berkata bahawa Abu Hurairah menyebutkan baunya seperti kasturi. Kemudian penduduk langit berkata, "Roh yang baik datang dari bumi, semoga Allah mengampuni engkau dan jasad yang engkau tempati." Lalu dibawanya kepada Tuhan, kemudian Dia berfirman, "Bawalah roh itu sampai akhir waktunya." Sesungguhnya, apabila roh orang kafir telah berpisah dari jasadnya-Hammad berkata bahawa Abu Hurairah menyebutkan bau busuknya dan kutukan kepadanya - penduduk langit berkata, "Roh yang jelek datang dari bumi. lalu dikatakan kepadanya, "Bawalah roh itu sampai akhir waktunya." Kemudian Rasulullah SAW. menutupi hidung beliau dengan kain tipis, demikain. (8: 162 - 163 - S.M.) ============= PENCERAHAN jasad yang kita tempati........ Semoga Allah mengampuni engkau (ROH), dan jasad yang ditempati ROH. kemudian ROH...dibawa...ke....(yang punya ROH = yang Menciptakan ROH) .dan sampai akhir.. jadi ada 2 disini....jasad...dan ROH.......yang diadili.......... jadi dalam diri manusia ada dua......yang diadili..... 1. ROH..... 2. jasad... jadi...jasad kita ini...juga dipinjami.......dan..pasti juga dikembalikan.......
17 Oktober 2013 18:25
Sunyi bukan berarti identik dengan kematian kan. sunyi itu beda dengan sepi. sunyi itu hening, tenang, dan damai. klo sepi itu lebih ke perasaan sendirian. itu menurutku loh. kurang lebih begitu, maka dari itu bedalah kesepian dengan kesunyian. kesunyian itu maqamnya lebih tinggi drpda kesepian. Bisa berarti kita berkumpul dengan banyak orang tapi diri kita merasakan kesunyian krn kehadiran kita memiliki tujuan yg berbeda dengan kebanyakan orang yg hadir disitu. Hati ini harus kosong dan sunyi agar dapat menerima kebenaran yg sejati. Maaf klo beda pemahaman.
aku blm berani berpikir dan membayangkan tentang alam sesudah kematian. biarlah itu menjadi proses nanti kita ketika ajal tiba, bukankah alam kubur merupakan proses dr kehidupan itu sendiri. sma halnya ketika msh di alam kandungan, yg kita sendiri tak ingat. klo dipikir sewaktu msh dlm kandungan berpikirkah/terbayangkah kita kehidupan alam dunia. dulu pernah aku singgung yg penting itu proses/jalan, sedangkan tujuan biarlah nanti bila dah sampai ke tempatnya. soalnya klo fokus kita di tujuan, dunia ini sudah tak menarik lg buat kita. yg ada hy akherat, padahal dunia adalah bagian dr akherat. maksudnya tujuan kita sampai pa gaknya tergantung gimana cara kita memperlakukan dunia.
18 Oktober 2013 7:16
yayaya..amiin...sahabat benar...itu...pada koment yg pertama...itu benar...itu juga sama...dan itu benar..
kamu.....benar..pada koment yg kedua.......saat kamu berpikir tujuan..(dalam maksud kamu itu)...dan saat itulah...dunia...sudah tidak ada yang asyik lagi......itu benar. Saat dipikirkan..kematian..(padahal...sebenarnya kita tidak memikirkan kematian...., cuman...teringat sendiri....saat itulah...dunia...sudah.....tidak indah lagi...yang ada...adalah...bagaimana...caranya...jalan menuju tulus dan ikhlas saja....
jadi...bagaimana...di dunia ini..untuk berbuat tulus dan ikhlas saja....lain tidak..
dan jawaban ...sahabat tetap benar....bagaimana...car memperlakukan...dunia.....ini....ini...ini..ini....ini...yang pokok.....bagaiamana.......cara memperlakukan dunia.......?"...bagaiamana...kalau menurut sahabat........mohon pencerahan.......
Percakapan Obrolan Berakhir

Tidak ada komentar: